6 Jenis Gaya Gambar yang Bisa Anda Coba Saat Ini

5 Jenis Gaya Gambar yang Dapat Anda Coba Saat Ini

Menggambar adalah dasar dari banyak praktik kreatif, mulai dari arsitek hingga perancang busana hingga animator dan seniman. Dengan menggunakan selembar kertas dan pulpen atau pensil, kesempatan untuk mengekspresikan diri tidak terbatas. Dan dengan menggunakan teknik menggambar yang berbeda, sungguh luar biasa melihat betapa banyak cara berbeda untuk membuat sketsa.

Ada gaya gambar yang tak terhitung banyaknya untuk dipelajari dan dieksplorasi, masing-masing menyampaikan produk akhir yang berbeda. Secara alami, jenis ilustrasi yang berbeda membutuhkan keterampilan yang berbeda dari artisnya. Beberapa sangat detail dan teliti, membutuhkan banyak kesabaran, sementara yang lain bekerja dengan baik ketika artis bisa lepas dan bebas dengan pukulan mereka.

Ilustrator paling terampil tidak hanya terpaku pada satu jenis gambar, tetapi bereksperimen dengan bebas untuk mengembangkan keterampilan mereka. Tentu saja, mereka mungkin berspesialisasi dalam satu cara membuat sketsa tertentu, tetapi dengan menjadi fleksibel dengan pekerjaan mereka, mereka dapat menguji gaya gambar yang berbeda dan membawa pelajaran itu kembali ke pekerjaan utama mereka. Misalnya, Leonardo da Vinci mungkin dikenal dengan Mona Lisa, tetapi dia juga dikenal mengisi ratusan buku catatan dengan sketsa jadi yang halus dan coretan spontan.

Saat Anda ingin mengukir gaya pribadi Anda sendiri, pertimbangkan untuk bermain dengan jenis gambar yang berbeda ini untuk memahami dampak positif yang akan mereka timbulkan pada pertumbuhan kreatif Anda.

Berbagai Jenis Gaya Gambar

MENGGAMBAR GARIS

MENGGAMBAR GARIS

Sementara garis membentuk dasar dari semua gaya gambar, gambar garis menggunakan kontur tanpa bayangan untuk membuat sketsa yang mudah diingat. Jika Anda benar-benar ingin melatih keterampilan menggambar Anda, cobalah menggambar garis secara terus menerus. Dalam latihan ini pulpen atau pensil tidak pernah meninggalkan lembaran kertas, sehingga hasil akhirnya terbentuk dari satu garis.

DOODLING

DOODLING

Meskipun kita mungkin menganggap mencoret-coret sebagai masa lalu yang tidak ada artinya, jenis gambar ini adalah cara yang bagus untuk membiarkan pikiran bawah sadar Anda mengalir. Seniman hebat seperti Leonardo da Vinci terkenal dengan orat-oret mereka, yang memenuhi margin buku catatannya. Ilustrator Vincent Bal bermain dengan bayangan dan bentuk yang dia temukan dalam keseharian dan mengubahnya menjadi karya seni yang aneh dengan coretannya. Dimaksudkan untuk dieksekusi dengan cepat dan dengan garis yang sederhana dan jelas, corat-coret yang indah, kesan langsung dari dunia di depan kita.

KARTUNKARTUN

Kartun memiliki sejarah yang panjang, sejak majalah cetak di abad ke-19 digunakan sebagai ilustrasi satir dan lucu. Ilustrasi kartun adalah kategori besar yang digunakan Loginjoker123 untuk mempermudah ilustrasi game mereka. Beberapa gaya kartun yang berbeda termasuk karikatur, anime atau manga, dan Disney klasik. Bermain dengan gambar kartun berarti membebaskan diri dari representasi hiperrealistik, sambil tetap berusaha menangkap esensi sebuah sosok secara semi realistis.

POINTILLISME

POINTILLISME

Meskipun kami sering mengaitkan pointilisme dengan lukisan pasca-impresionis Georges Seurat, teknik dan gaya ini juga cocok untuk menggambar. Dengan membubuhkan ratusan, atau bahkan ribuan, titik kecil, seniman dapat membangun cahaya dan bayangan. Hasilnya sering kali bisa sangat realistis, dengan pemirsa hanya menyadari bahwa titik — bukan garis — digunakan saat melihat karya seni yang sudah jadi dengan cermat.

Untuk seniman yang bekerja dengan gaya menggambar fotorealistik atau hiperrealistik, kesabaran adalah kuncinya. Ratusan jam dapat dilewati di depan karya seni apa pun untuk memolesnya ke tingkat yang terlihat seperti foto. Meskipun potret adalah subjek populer untuk gambar hiperrealis, Anda tidak perlu membatasi diri. Misalnya, seniman Cj Hendry menggunakan pensil warna untuk menggambar gumpalan warna-warni pada cat yang terlihat begitu nyata, Anda pasti ingin mencelupkan kuas Anda ke dalamnya.

ARSITEKTUR

ARSITEKTUR

Jenis gambar ini bisa sangat teknis, tetapi tidak kalah artistiknya. Meskipun menggambar arsitektur merupakan keterampilan yang sering diasah dalam dunia desain, non-arsitek masih mampu menciptakan karya seni yang menakjubkan. Baik menggambar replika persis dari bangunan bersejarah seperti Notre Dame atau membuat karya arsitektur fantasi Anda sendiri, diperlukan ketelitian dan perhatian terhadap detail.

FASHION

FASHION

Digunakan oleh para desainer untuk menuliskan ide-idenya di atas kertas, ilustrasi mode sering kali membutuhkan gambar gestur yang cepat yang menyampaikan esensi dari sebuah pakaian. Gambar ini biasanya menampilkan sosok yang panjang dan memanjang untuk meniru tinggi model dan, karena fokusnya ada pada pakaian, bukan wajah, fitur wajah sering kali kurang atau minimal. Di dalam ilustrasi fashion itu sendiri terdapat banyak gaya yang berbeda, beberapa lebih kasar dan lainnya lebih halus.